Subscribe:

Ads 468x60px

Blogger news

Selasa, 12 November 2013

Profil : ROBERTO BAGGIO ( ITALY )

Pencinta sepak bola mana yang tidak mengenal pemain satu ini, ya pemain kelahiran Caldogno Italy 18 Februari 1967 bernama Roberto Baggio dia seorang legenda sepak bola di Italia dan Dunia.

           

Baggio memulai karir sepak bolanya bersama klub Vicenza pada tahun 1982-1985 Baggio kecil menempa bakat sepak bolanya bersama klu kecil Vicenza ketika itu Vicenza berlaga di divisi tiga Italia dan kala itu Baggio masih berumur 15 tahun. Fiorentina mulai mencium bakat bagio ketika dia masih berumur 18 tahun dan langsung memboyong Bagio dari Vicenza ke Firenze markas Fiorentina yang saat itu sedang berjaya di Seri-A kasta tertinggi Liga Italia.
   

Karir Baggio di Fiorentina tidak langsung berjalan mulus dia membutuhkan adaptasi satu musim bersama Fiorentina dan kerasnya persaingan di Serie-A. sampai akhirnya Baggio mendapatkan kesempatan bermain bersama Fiorentina pada tanggal 1 September 1986. Tidak dinyana ternyata itu lah titik awal karir permain yang terkenal dengan kuncirnya ini. Klub Klub kaya Eropa mulai melirik sosok Baggio salah satunya Klub kaya raya Italia kala itu Juventus, Juve langsung menebus Baggio dari Fiorentina pada tahun 1990 dengan bandrol $ 20 Juta, sebuah harga yang luar biasa kala itu. bahkan itu adalah harga tertinggi pemain kala itu.

  
Bersama Juve karir Baggio makin melesat bersama Juve dia mencetak 80 gol dari 141 penampilan, suatu prestasi yang luar biasa. bagaimana tidak kala itu serie-a dan timnas Italia sangat terkenal dengan pertahanan yang sangat ketat dan kuat. Bersama Juve dia berhasil merebut jura Serie-A1993, Piala UEFA 1993 serta mengantarakan Timnas Italia menempati Runer-up Piala dunia 1994 setelah italia kalah lewat adu Pinlati dari Brazil yang ironisnya kala itu Baggio gagal mengeksekusi tendangan 12 pas yang mengakibatkan Italia harus puas dengan posisi ke dua.
          

Setelah kegagalan piala dunia karir Baggio seolah meredup dia meninggalkan Juve pada tahun 1995 dan bergabung dengan klub raksasa Italia lainya AC.Milan meskipun kala itu klub Inggris Blackburn dan Mencester United meminati Baggio.  Bersama Milan Baggio hanya mampu bertahan 2 musim saja bayang-bayang kegagalan di piala dunia seolah olah masih menghinggapi Baggio, penampilan di Milan tidak kunjung membaik yang akhirnya dia lebih memilih Hijrah ke klub kecil Bologna pada tahun 1997.
        
Bersama Bologna Baggio mulai kembali menemukan ketajamanya dengan mencetak 22 gol dari 30 penampilan yang akhirnya pada tahun 1998 Bos Inter Milan Moratti merekrutnya ke Inter meskipun kala itu usia Baggio sudah menginjak 30 tahun. Sekali lagi seolah dezavu dengan tim besar Baggio kembali tidak dapat menampilkan permainan terbaiknya dia bahkan lebih banyak menghiasi bangku cadangan Inter, namun setiap penampilan dia dilapangan Baggio selalu menjadi dewa  penyelamat bagi Inter itu yang membuat Fans Inter Milan sangat menyayangi Roberto Baggio. Pada tahun 2000 Baggio memutuskan untuk meninggalkan Inter dan bergabung dengan klub medioker Brescia bersama Brescia Baggio kembali menunjukan kelasnya sebagai pesepakbola kelas Dunia dia mampu mengangkat pamor Brescia dan mencetak 45 Gol dari 95 penampilan bersama Brescia.
   

 Roberto Baggio tampil di 3 piala Dunia (1990,1994,1998) sebenarnya pada piala dunia 2002 Baggio masih bisa berlaga namun Trapatoni pelatih Italia kala itu enggan memasukan nama Baggio dengan alasan kebiasaan Baggio yang doyan mengkritik pelatih setip klub yang dibelanya. Baggio mencetak 205 gol diserie-A sepanjang karirnya, namun jika di total dengan gol di serie-C1 Baggio mencetak 300 gol yang menempatkan dia diposisi ketiga pencetak gol terbanyak Italia setelah Piola dan Meazza.
  
Dan ditahun 2004 Roberto Baggio memutuskan untuk gantung sepatu riuh rendah para penonton dan pecinta sepak bola Italia menangisi keputusan sang maestro, bahkan tidak tanggung tanggung kapten dari ketiga tim elit Italia yang pernah dibelanya memeluk dan menangisi keputusan Baggio Del Piero (kapeten Juve), Maldini (kapten Milan), Zaneti (Kapten Inter) bahkan presiden dari ketiga klub itu benar-benar menyayangkan keputusan Baggio kala itu. namun Baggio tetap lah seorang maestro sepak bola Italia dan dunia yang akan selalu dikenang dan disayangi oleh masyarakat Italia dan Dunia.



Roberto Baggio :
Nama : Roberto Baggio
Lahir : Italy 18 Februari 1967

Karir Klub:

Vicenza (1982-1985)
AC. Fiorentina (1985-1990)
Juventus ( 1990-1995 )
AC. Milan ( 1995-1997 )
Bologna ( 1997-1998)
Inter Milan ( 1998-2000)
Brescia (2000-2004)

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive