About

Selasa, 18 Juni 2013

Biografi RADJA NAINGGOLAN (Pemain Indonesia-Belgia)



 
Kita pasti kenal dengan nama-nama seperti Irvan Bachdim, Kim Jefri kurniawan , Maitimo dan masih banyak lagi pemain bola lainnya.

Untuk Pria satu ini mungkin masih agak sedikit awaw di telinga para pecinta sepak bola tanah air, ada seorang pria keturunan Indonesia lainnya yang karirnya lebih menanjak daripada nama-nama diatas dia bermain disalah satu Club Italia yaitu Cagliari dia Bernama RAJA NAINGGOLAN Raja adalah keturunan Indonesia Belgia.

Januari 2010 menjadi titik balik bagi pemain keturunan indonesia belgia Radja Nainggolan. Untuk pertama kalinya ia bisa berkarir di Serie-A. setelah Klub lamanya Piacenza meminjamkannya ke Cagliari. 

“Saya datang ke Cagliari dengan rasa antusias. Target saya ada bertumbuh dan berkembang di Seri A,” ungkap Radja Nainggolan yang lahir di Antwerp, Belgia   seperti dilansir Goal.
“Saya dapat bermain di segala posisi di lapangan tengah. Saya merasa lebih baik di sisi kiri, tapi saya berharap bisa mendapatkan tempat di dalam tim ini,” harapnya.

Banyak pengamat sepak bola yang memandang Raja sebelah mata maklum dia baru pertama kalinya berlaga di kompetisi elit eropa, namun raja benar-benar menepati janjinya untuk bermain dengan antusias dia tumbuh dan berkembang di Cagliari sehingga Club-Club elit Eropa mulai melirik kemampuannya dilapangan Hijau, permainan keras ala Medan dan taktis ala eropa dia suguhkan dengan sempurna tercatat dua Club Besar Eropa berhasrat mendatangkan Raja Ac.Milan, Real Madrid berburu tanda tangan Raja


Ketua Umum Cagliari, Massimo Cellino sangat yakin jika Radja bisa mempertahankan performanya, ia bisa berseragam Madrid suatu saat nanti. “Saya puas dengan penampilan Nainggolan dan yakin suatu saat di akan mengenakan kostum Los Blancos. Tetapi dia masih muda, baru berusia 22 tahun dan kami akan menahan kepergiannya satu musim lagi,” ujar Cellino mengomentari performa apik Nainggolan.

Bahkan Husus AC.Milan, mereka benar-benar berhasrat untuk mendatangkan Raja guna diproyeksikan mengisi atau menggantikan pos yang bakal di tinggal Gatuso kelak. Berbagai cara club-club besar untuk mendekati dan merayau Radja hingga akhirnya mereka harus Gigit jari karena Radja lebih memilih Club sekelas Cagliari, bahkan dikabarkan saat ini Inter Milan dan Totenham berhasrat mendatangkan Radja nainggolan. namun berita itu masih sebatas Rumor belaka karena Radja sekarang kenyataanya masih berada di Cagliari.

Pada musim 2008/2009, Radja merumput 38 kali, mencetak 3 gol dan membantu Piacenza mengakhiri musim di peringkat ke-10. Cagliari pun kepincut. Mereka meminjam Radja pada Januari 2010 dengan opsi bisa memboyongnya secara permanen di akhir musim. Tampil dalam 7 pertandingan ternyata sudah cukup meyakinkan pihak klub Sardinia untuk mempertahankannya.
Hingga saat ini, Radja telah mengantongi 101 penampilan bersama I Rossoblu dengan koleksi 5 gol. Performa gemilang bersama Cagliari membuat Juventus, AC Milan, Inter Milan dan Napoli sempat menaruh perhatian lebih dan berusaha menarik Radja keluar dari Stadio Is Arenas. Namun, Radja belum kemana-mana. Ia masih bersama klub yang baru sekali menjuarai Serie A.
Segala pencapaian tersebut membuat kita tak perlu malu untuk sedikit bangga dengan sosok Radja. Darah Indonesia masih mengalir di tubuhnya. Satu hal yang mungkin kita sesali, ia tak bisa lagi memperkuat tim nasional Garuda. Radja sudah pernah mengenakan seragam kebanggaan Belgia di tingkat senior.
Sejak tahun 2004, Radja sudah menjadi bagian dari Rode Duivels. Di tingkat U-16, U-19, U-20 dan U-21 ia terpakai. Kesempatan bermain di level senior ia dapatkan saat Belgia berlaga di Piala Kirin 2009, tepatnya ketika melawan Chili. Ditambah dengan 3 kali bermain dalam pertandingan persahabatan melawan Rumania, Yunani dan Slowakia pada tahun 2011-2013, caps Radja sudah menyentuh angka 4. (sumber:supersoccer.co.id)
Lebih Pilih Timnas Belgia
Radja adalah Pria keturunan Batak dari ayahnya nama Nainggolan adalah nama Marga dari sang ayah sedangkan ibunya Lizi keturunan asli Belgia, harapan sempat muncul dibenak masyarakat pecinta Bola Indonesia, banyak yang berharap Radja mau membela Garuda seperti yang telah dilakukan Irfan Bachdim saat ini namun sayang harapan itu kandas setelah Radja lebih memilih untuk memperkuat Negara ibunya yaitu Belgia.




Biodata Radja
Nama lengkap: Radja Nainggolan
Tempat, tanggal lahir: Atwerp (Belgia), 4 Mei 1988
Tinggi/berat: 177 cm/65 kg
Posisi: Gelandang
No punggung: 4 (Cagliari)

0 komentar:

Poskan Komentar

Popular Posts

Blogroll

Share It