Subscribe:

Ads 468x60px

Blogger news

Senin, 29 Juli 2013

SEJARAH SINGKAT PSIM YOGYAKARTA (SALAH SATU PENDIRI PSSI)

                          
PSIM Yogjakarta adalah Nama klub sepak bola profesional yang berbasis di Yogjakarta Indonesia, PSIM kependekan dari Persatuan Sepak bola Indonesia Mataram.digunakan nama Mataram karena Yogyakarta pusat kepemerintahan Kerajaan Mataram. PSIM didirikan tanggal 5 September 1929 dengan nama PSM kemudian dirubah menjadi PSIM pada 27 Juli 1930.

Saat ini PSIM berlaga di Divisi Utama Liga Indonesia, PSIM adalah salah satu pencetus berdirinya PSSI bersama sama dengan Persib Bandung,  Saat itu PSIM dijadikan alat perjuangan bangsa di daerah Yogyakarta.

     
Pada tanggal 19 April 1930 bersama Persija, Persib Bandung, PPSM Magelang, Persis SOLO dan Persebaya Surabaya  ikut andil dalam pembentukan PSSI dalam pertemuan yang diadakan di Hadiprojo Yogyakarta. PSIM yang diwakili HA Hamid dan Amir Noto. dan menetapkan PSSI berpusat di Yogyakarta pada tahun 1931.

Setelah berdiri PSSI itulah dimulai pertandingan perserikatan atau antar kota, dan PSIM pernah menjadi juara pada tahun 1932 dan setelah itu PSIM kurang berbicara banyak dikancah sepak bola Nasional mereka hanya mampu menjadi nomor dua.
     
Pada tahun 1994 Liga Indonesia untuk kali pertama didirikan dan prestsi PSIM di Liga Indonesia pun kurang memuaskan mereka naik turun di Liga Indonesia ditahun pertamanya mereka sempat degradasi ke divisi satu kala itu.dan kembali Promosi duatahun kemudian, itu pun tidak bertahan lama PSIM kembali harus tergusur dan Degradasi pada tahun 1999/2000.

  

Pendukung setia PSIM diberinama BRAJAMUSTI yang artinya Ajian Sakti Gatotkoco, pengambilan nama BRAJAMUSTI sendiri dimaksudkan agar suporter  menjadi ajian utama pendongkrak semangat PSIM ketika berlaga di kancah sepak bola Indonesia.

Sayang setelah tragedi bencana alam PSIM seolah tenggelam begitu saja, kini di liga Indonesia hanya menyisakan Persib Bandung, Persija saja sebagai perwakilan dari pendiri PSSI.


0 komentar:

Poskan Komentar

Blog Archive