Subscribe:

Ads 468x60px

Blogger news

Jumat, 07 Juni 2013

lagi-lagi Italia (Serie-A) diguncang skandal


 Skandal Pengaturan Skor Guncang Italia (Lagi)


Setelah kasus Calciopoli, kini dunia sepakbola Italia kembali diguncang skandal pengaturan skor. Pengadilan Italia telah memanggil 33 orang karena dicurigai tersangkut dalam kasus match fixing yang melibatkan klub Serie B, Bari.

Beberapa nama yang dipanggil adalah Francesco Caputo (kaptern Bari), Jean Francois Gillet (mantan kapten Bari yang sekarang bermain di Torino), dan Cristian Stellini (mantan pemain Bari yang sempat menjadi staf pelatih Juventus).

Dua pertandingan yang tercium diatur skornya adalah laga antara Bari vs Treviso (0-1) di bulan Mei 2008 dan Salernitana vs Bari (3-2) di Mei 2009. Melalui situs resminya, FIGC menyatakan bahwa penyelidikan akan dilakukan terhadap para tersangka atas dua jenis dugaan.

Dakwaan pertama adalah 'Melakukan hal-hal tidak sportif yang ditujukan untuk merubah hasil pertandingan' sedangkan dakwaan kedua adalah 'Mengetahui indikasi match fixing tapi tidak melaporkan kepada pihak yang berwajib'.

Untuk pertandingan Bari vs Treviso, 11 orang dipanggil yaitu Belmonte, Bonanni, Esposito, Ganci, Gillet, Lanzafame, Rajcic, Santoruvo, Spadavecchia, Strambelli, dan Pianu akan diselidiki atas dakwaan pertama. Sedangkan 8 orang lainnya yaitu Cavalli, Donda, Galasso, Gazzi, Ladino, Marchese, Masiello, dan Stellini akan dipanggil terkait dengan dakwaan kedua.

Sedangkan terkait dengan pertandingan Salernitana vs Bari, 19 orang dipanggil atas dakwaan pertama yaitu Esposito, Stellini, Santoni, Masiello, Lanzafame, Gillet, De Vezze, Guberti, Kutuzov, Parisi, Galasso, Bonomi, Caputo, Colombo, Bianco, Edusei, Fusco, Ganci, dan D'Angelo. 2 orang sisanya yang diselidiki atas tuduhan kedua adalah Gazzi dan Barreto.

Defender Inter Milan, Andrea Ranocchia dan pelatih Juventus, Antonio Conte sebenarnya juga memperkuat Bari dalam dua pertandingan tersebut. Namun keduanya telah dinyatakan bersih dari segala tuduhan. (bln/sug)


0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive